Tips Pengendalian Anti Rayap Efektif

Rayap termasuk hewan kecil namun sangat merugikan kita. Rayap banyak menyerang bahan-bahan bangunan yang terbuat dari kayu dan hasil olahan kayu seperti kertas, kardus, lemari, kusen pintu, kusen jendela, lantai pakit kayu, dan lain sebagainya. Pengendalian rayap yang efektif sangat dibutuhkan agar rayap benar-benar tuntas.  Banyak cara untuk mengatasi rayap yakni dengan obat anti rayap kimiawi maupun dari bahan-bahan obat anti rayap secara alami.  Namun kebanyakan yang digunakan adalah obat anti rayap kimiawi.  Karena memberikan efek lebih cepat.

Kami akan bahas mengenai cara atau tips pengendalian rayap menggunakan anti rayap kimiawi agar tepat sasaran dan lebih efektif.

1.  Pilih obat anti rayap yang tidak  bau menyengat, efektif, dan aman.

Banyak di pasaran obat anti rayap yang baunya sangat menyengat di hidung bahkan bau obat anti rayap yang seperti ini lama hilang baunya.  Bisa-bisa hitungan hari atau minggu.  Tanpa di sadari hidung juga akan keluar ingus sendiri seperti flu.  Apabila anti rayap seperti ini pastlah mengganggu kesehatan kita.  Dengan memilih obat anti rayap yang aman merupakan pilihan yang bijak.

Contoh obat anti rayap yang tidak bau sama sekali dan efektif adalah obat anti rayap bentuk umpan tisu.  Anti rayap tisu ini sudah banyak digunakan karena selain mudah aplikasinya dan tidak bau, keunggulan obat anti rayap jenis ini mampu mengendalikan rayap secara efektif sampai ke koloni rayap dan ratu rayap yang berada di dalam tanah.  Salah satu merek yang sudah terkenal adalah obat anti rayap tisu SPEKTA. Seperti di bawah ini :

Ini adalah obat anti rayap umpan tisu merek SPEKTA, yang sudah digunakan secara luas di Indonesia

Ini adalah obat anti rayap umpan tisu merek SPEKTA, yang sudah digunakan secara luas di Indonesia

Rayap harus makan umpan tisu ini dan di bawa ke sarang dan rayap mati di sarang bukan di dalam kotak tisu.  Berikut adalah contoh umpan tisu yang habis di makan rayap.

Ini contoh umpan rayap yang di makan dan sudah di bawa ke sarang rayap.
Ini contoh umpan rayap yang di makan dan sudah di bawa ke sarang rayap.

Adapun cara pemakaian obat anti rayap tisu secara detail sudah kami posting sebelumnya.  Lihat di tautan ini http://obatrayap.com/?p=10595

2.  Bila ingin menggunakan obat anti rayap yang jenis umpan tisu,  biarkan rayap yang mucul di rumah atau bangunan anda seperti apa adanya.  Jangan di besihkan dan jangan di semprot pakai apapun.  Karena rayap akan terganggu.

3.  Usahakan pemasangan anti rayap nya di titik yang terkena rayap dan masih aktif.  Ciri rayap masih aktif adalah terlihat rayap masih jalan-jalan atau bunyi kletek-kletek.

4.  Apabila rayap ada di dalam kayu, congkelah kulit kayunya di titik yang kropos.  Congkel kulitnya bukan mengorek dalam kayu. Jadi anda harus mencari dan memeriksa kayu dengan teliti titik-titik mana yang keropos.

5.  Apabila rayap terlalu banyak dan sudah merembet ke mana-mana, pilih obat anti rayap yang bersifat mematikan rayap lebih cepat.  Dengan demikian  rayap tidak menjalar lebih parah.  Obat anti rayap yang bisa kami sarankan untuk kondisi seperti ini adalah pakai obat anti rayap bentuk serbuk merek SPE.  Serbuknya di larutkan di air terus di semprotkan ke rayapnya.  Obat anti rayap ini tergolong tidak bau menyengat. Obat anti rayapnya seperti yang di bawah ini.

Obat ini bentuk sebuk yang cara pemakaiannya secara detail biasanya ada dilampirkan

Obat ini bentuk serbuk yang cara pemakaiannya secara detail biasanya ada dilampirkan

6.  Apabila rayap ada di dalam kayu, masukkan obatnya lewat congkelan yang kita buat di titik yg keropos tadi.  Bila rayap ada di permukaan kayu, bersihkan dahulu jalur rayap yang dari tanah, terus semprotkan ke rayapnya.  Alat semprotnya pakai alai semprot ukuran kecil seperti semprotan untuk memandikan burung.  Jangan menggunakan alat semprot yang keluarnya aerosol.

7.  Apabila rayap berada di dalam tembok dan keluar dari tembok, berarti ada titik lubang yang ada di tembok untuk keluar masuk rayap.  Cari titik lubang rayapnya, terus obat dimasukkan menggunakan semprotan atau bila lubang terlalu kecil dapat menggunakan suntikan yang bisa di beli di apotek.

8.  Untuk mencegah dan mematikan rayap yang ada di luar bangunan agar rayap tidak masuk ke rumah, pakailah obat anti rayap yang di desain untuk outdoor agar obat anti rayap tidak hilang ketika hujan turun.  Kami sarankan pakai obat anti rayap yang berbentuk tabung yang terbuat dari paralon kuat.  Seperti yang di bawah ini :

Obat anti rayap yang di desain untuk area luar.

Obat anti rayap yang di desain untuk area luar.

Demikian tips yang dapat kami bagikan kepada Anda semoga rayap yang ada di rumah maupun bangunan anda dapat teratasi dengan efektif.  Namun apabila masih ada perrtanyaan seputar tips atau cara pengendalian rayap yang belum paham, silahkan untuk konsultasi dengan kami di WA / Tlp 0817849366 )XL), atau  085101564566 (telkomsel).   Senang kami dapat membantu ANDA.

Comments are closed.